Loading
agar suami semakin sayang dan setia

7 Cara Syar’i Agar Suami Setia dan Semakin Sayang

Faktanya, banyak sekali seorang suami yang selingkuh. Bahkan rasa kasih sayangnya berkurang seiring waktu berlalu.

Kok bisa?

Sebenarnya adalah wajar, bila tolok ukurnya adalah tolok ukur mainstream hedonisme. Seperti misalnya kecantikan, kekayaan, kedudukan; yang mana itu nikmatnya hanya sementara.

Maka, pastikanlah alasan mencintai itu merupakan alasan yang syar’i. Karena tidak ada alasan kuat apapun yang membuat seseorang tidak akan selingkuh dan dzalim kepada istrinya, kecuali karena takut Allah.

Nah, jadi, haruslah Anda memastikan bahwa hubungan Anda dan suami adalah benar-benar dalam rangka beribadah kepada Allah. Sehingga, dari situ, kita akan dapat setidaknya berikut ini 10 cara yang insyaAllah bisa membuat suami Anda setia dan makin sayang. Materi ini saya remake dari tulisan Ibu Zulia.

1. Ta’atilah ia

Dalam Islam, memang peran suami adalah sebagai pemimpin bagi istri. Kalau ibarat kendaraan, ialah yang memegang kemudi. Ia pula yang menentukan arah jalan mau ke mana, dan ia realisasikan dengan tindakan-tindakan real berjalan ke tujuan tersebut.

Hal yang demikian sudah banyak dilakukan oleh wanita-wanita shalihah pada generasi Islam awal-awal terdahulu, mulai dari generasi sahabat dan seterusnya. Selama suaminya memerintahkan hal yang ma’ruf, bukan maksiat; maka mereka akan senantiasa ta’at pula. Karena sejatinya mereka ta’at kepada Allah.

Rasulullah saw. bersabda: “Seandainya aku memerintahkan agar seseorang bersujud kepada orang orang lain maka pasti (yang paling dulu) aku memerintahkan agar seorang wanita (istri) bersujud kepada para suaminya.” (HR at-Tirmidzi).

2. Senantiasa menjaga amanahnya sebagai sang ibu

Pertimbangan seorang laki-laki untuk menikahi seorang perempuan bukan hanya mencari perempuan yang cantik dan baik agar bisa ia rasakan manfaatnya sebagai suami. Namun juga perempuan yang cerdas dan ramah agar bisa dirasakan manfaatnya oleh anak-anaknya sebagai ibu.

Maka dari itu, jangan lupa, sang suami pasti senang apabila sang istrinya sukses merawat anak-anaknya.

Sebaliknya, bila anak-anaknya tak terurus menjadi selengekan, kotor, kasar, bejat, dan sebagainya; maka sang suami pun bisa tidak senang.

Lagipula memang inilah hal yang wajar dalam urusan berumahtangga menurut Islam. Betapa mulai seorangg ibu memiliki peran yang sangat berpengaruh bagi terlestarinya kebaikan peradaban; yakni membesarkan dan mendidik anak-anaknya. Membuat anaknya senantiasa sehat dan tumbuh, juga membuat anaknya menjadi sholeh, tangkas, dan cerdas.

3. Senantiasa menjaga amanahnya sebagai pengatur Rumah Tangga

Sebenarnya adalah hal yang umum, kita senang dengan suasana Rumah yang bersih, rapih, dan wangi. Tidak suka yang kotor, berantakan, apalagi bau.

Nah, bila sang suami tahu bahwa ternyata ruangan Rumah Anda menjadi bersih, rapih, dan wangi; karena hasil Anda, insyaAllah ia akan senang pula pada Anda.

4. Senantiasa menjaga kehormatan dirinya sendiri

Termasuk salah satu yang akan sangat membuat sang suami emosi adalah, bila sang istri tidak dapat menjaga kehormatan dirinya sendiri. Seperti misalnya gampang bergaul dengan lelaki asing, membiarkan sembarang lelaki asing memasuki Rumahnya saat suami sedang tidak ada, dan sebagainya.

Ingat sabda Rasulullah (shallallahu alaihi wasallam): “Tidak ada sesuatu yang berfaedah bagi seorang Mukmin setelah ketakwaan yang lebih baik baginya daripada seorang istri shalihah. Yakni, yang jika suaminya tidak ada di sisinya, ia menjaga diri dan harta suaminya.” (HR. Ibn Majah)

5. Sesekali berikan ia kejutan

Sebenarnya bukan cuman suami saja yang wajar memberikan kejutan berupa hadiah, sang istri juga bagus-bagus saja kalau suka memberikan kejutan pada suami.

Meski tentu saja kejutannya tidak harus berupa barang-barang yang mahal. Bisa juga hal yang sederhana, seperti misalnya masakan favoritnya yang mungkin memang nggak sering dimasak. Pun nggak mesti berupa materi fisik juga, bisa jadi dandanan unik, pelukan langka, chat kata-kata gombal, dan sebagainya.

6. Senantiasa ramah, tidak galak; sehingga menyenangkan dipandang

Ingatlah sabda Nabi Muhammad (shallallahu alaihi wasallam): “Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah.” (HR. Muslim)

“Tidak ada sesuatu yang berfaedah bagi seorang Mukmin setelah ketakwaan yang lebih baik baginya daripada seorang istri shalihah, yakni yang jika suami memerintahnya, ia menaatinya; jika suaminya memandangnya, ia membuat suaminya bahagia.” (HR. Ibn Majah)

Sebagian orang mungkin menganggap maksud “menyenangkan dipandang” adalah yang wajahnya cantik. Sebenarnya bisa iya, bisa juga nggak. Apalagi kalau istri semakin menua. Yang lebih penting, adalah hubungan yang senantiasa baik. Komunikasi yang senantiasa ramah, wajah yang murah senyum, penyabar, tidak mudah emosian, tangan yang ringan, dan aktivitas-aktivitas yang penuh ketulusan, mudah memaafkan, serta selalu berterima kasih; itulah yang kerap membuat wajah seseorang menyenangkan dipandang.

7. Tidak terlalu berlebihan menuntut dan memaksa, namun justru gemar mendukung dan membantu mencari solusi

Memang adalah hal yang wajar sang istri meminta sesuatu kepada sang suami, karena memang kewajibannya untuk mencukupi sang istri.

Namun, bukan berarti apapun kemauan sang istri harus dipenuhi, bahkan hal-hal yang tidak penting sama sekali.

Jangan lupa, salah satu tugas penting dari sang suami adalah memelihara keluarganya dari sikses api Neraka. Maka tentu tugas tersebut harus menjadi fokus utamanya. Jangan sampai hal-hal lain malah melalaikannya, seperti misalnya sebagian tuntunan tak syar’i dari sang istri, apalagi menuntut secara paksa. Tentu hal tersebut meresahkan sang suami.

Sebaliknya, sang suami akan sangat senang dan sayang bila sang istri senantiasa mendukungnya dan memberikannya semangat. Apalagi kalau pada kasus tertentu yang mungkin sang istri paham, sang istri membantunya untuk mencari solusi. Bahkan meskipun solusi tersebut kurang tepat, tapi sang suami akan senang bila sang istri menunjukkan dukungan dan optimisme bahwa pasti sang suami mampu memikul segala macam pekerjaannya.

Nah, demikianlah, setidaknya 7 cara syar’i yang bisa Anda praktekkan sekarang ini juga, agar semoga insyaAllah suami Anda senantiasa setia dan sayang pada Anda.

Gambar dari: Tumblr.com

Dapatkan tips keluarga muslim eksklusif lainnya via Telegram! ^_^ Klik link berikut:

Jangan lupa di-share ya Kak... 🙂

Leave a Reply